Selamat datang kawan-kawan di Blog saya yang sederhana ini. Semoga kalian yang berkunjung mendapat manfaat dari sini. Blog ini akan selalu saya update dengan tulisan-tulisan terbaru sehingga bagi yang berkunjung tidak jenuh,apalagi bosan. Bagi yang ingin copy paste juga saya silahkan, dengan catatan harus menyertakan sumber asalnya dari blog saya ini sebagai catatan dibawahnya. Budayakanlah ungkapan terima kasih ya? Selain itu pada data dibawah,terdapat beberapa banner yang bisa kamu klik untuk bisnis online bagi pemula, ya siapa tau aja minat?silahkan lihat-lihat ........

Minggu, 15 Juli 2012

LOGIKA PIKIRAN MISTIK

Pikiran berperan penting dalam menentukan sikap dan perilaku keseharian kita. Pikiran terbagi dua, positif dan negatif. Kedua pikiran itu saling berebut dalam menentukan gerak langkah kehidupan kita. Keduanya ada di dalam otak kita dan memiliki cabang-cabang pikiran, termasuk pikiran mistik.
Pikiranlah yang menentukan kemana kita akan melangkah dan bagaimana cara kita melangkah. Jika pikiran kita positif, maka langkah yang ditempuh positif. Sebaliknya, jika pikiran kita negatif, langkahnyapun cenderung negatif.
Dr. Ibrahim Elfiky dalam bukunya Terapi Berpikir Positif mengutip sebuah tulisan ilmiah bahwa setiap hari manusia menghadapi lebih dari 60.000 pikiran. Satu-satunya yang dibutuhkan sejumlah besar pikiran ini adalah pengarahan. Jika arah yang ditentukan bersifat negatif, maka sekitar 60.000 pikiran akan keluar dari memori ke arah negatif. Sebaliknya, jika pengarahannya positif, maka sejumlah pikiran positif juga akan keluar dari ruang memori ke arah yang positif.
Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa lebih dari 80 persen pikiran manusia bersifat negatif. Dengan kenyataan ini, jika diperbandingkan, maka 80 persen dari 60.000 pikiran dalam diri seseorang, maka manusia setiap harinya memiliki 48.000 pikiran negatif. Inilah yang memengaruhi perasaan, perilaku, serta penyakit yang mendera jiwa dan raga. Oleh karenanya, mari kita berhati-hati dalam menggunakan pikiran kita.



PIKIRAN MISTIK

Dapat dikatakan, problematika manusia beraneka ragam. Semua itu lumrah dan wajar saja. Manusia memang selalu memiliki permasalahan dalam hidupnya. Persoalannya adalah, permasalahan ini cenderung didasari oleh pikiran mistik yang melekat dalam otak.
Ambil contoh, seseorang yang mengaku dagangan atau bisnisnya sedang terpuruk. Lalu orang itu berdiskusi dengan saya sambil mencari solusi terbaik agar bisnisnya berjalan lancar. Dari hasil perbincangan itu,  biasanya dia mengaku bisnisnya hancur karena ada pihak lain yang mengguna-gunai atau menyantetnya hingga bisnisnya hancur. Disebutkan pula, pihak yang membuat bisnisnya rugi adalah saingan bisnisnya atau teman sendiri.
Ketika saya tanyakan dari mana dia mengetahui bahwa saingan bisnisnya yang membuat bisnisnya hancur, maka biasanya dia menjawab bahwa informasinya didapatkan dari paranormal, ‘orang pintar’, spiritualis, dukun atau apapun namanya.
Adapula diskusi yang berkaitan dengan persoalan jodoh. Biasanya akan ditemukan istilah: digantung jodoh oleh orang lain. Informasi ini pun diperolehnya dari ‘orang pintar’.  Ada pula yang menderita penyakit tertentu, tetapi sakitnya ini disebutkan sakit non medis. Dengan kata lain, sakit yang disebabkan santet atau ilmu hitam.
Bermacam-macam keluhan semacam itu selalu didasari oleh pikiran mistik. Sumbernya biasanya diperoleh dari orang-orang yang mengaku memiliki indera keenam, memiliki jin super sakti, memiliki ilmu linuwih mandraguna, ilmu hikmah super hebat dan sebagainya.
Saya pun memakluminya mengingat negeri ini sarat dengan kisah dan legenda yang bernuansa mistik, misteri, supranatural, ekstra dimensi, dan lain-lain. Padahal, Pikiran Mistik dapat menyesatkan Anda.

BERAGAM PIKIRAN MISTIK

Ilmu hikmah, ilmu mistik, ilmu gaib dan segala macam ilmu supranatural telah saya dengar sepanjang hidup saya. Mengapa demikian? Ya, karena ilmu-ilmu ini sangat akrab di negeri ini. Tidak ada sesuatupun yang terjadi di negeri ini yang tidak dikaitkan dengan hal-hal yang berbau mistik atau supranatural. Bahkan tokoh-tokoh negeri ini pun cenderung dikaitkan dengan kemampuan mistiknya dibandingkan kecerdasan intelektualnya.
Misalnya, Bung Karno diyakini memiliki ilmu mistik sangat tinggi. Apapun yang terkait dengan Bung Karno selalu dihubungkan dengan kekuatan ilmu mistik yang dimiliknya. Hal ini seperti hendak mengenyampingkan Bung Karno adalah seorang Insinyur Teknik Sipil lulusan Institut Teknologi Bandung. Dengan kata lain, Bung Karno memiliki kecerdasan intelektual.
Kita juga sering menyaksikan kemampuan mistik yang ditayangkan di televisi. Ambil contoh, acara Hipnotis dan lain-lain. Kita terheran-heran dan lalu merasa kagum dengan kemampuannya. Penonton seolah lupa bahwa itu hanya acara hiburan semata yang dibuat berdasarkan skenario yang sudah disiapkan. Saya membuktikannya dengan tampil dalam acara ini pada 2005 lalu.
Terlebih lagi acara yang menampilkan penarikan benda-benda pusaka. Benda yang tersimpan di dalam tanah dapat dikeluarkan dengan kemampuan ilmu mistik. Acara ini sangat menarik meski tidak ada yang menyadari bahwa semua itu hanya hiburan semata, rekayasa belaka.
Pada hakekatnya, peristiwa kemunculan benda-benda tersebut bukan hal aneh. Saya tergolong biasa mendengar dan melihatnya. Tidak ada yang perlu dikagumi. Ada banyak orang memiliki kemampuan mengeluarkan keris, permata dan merah delima dari dalam tanah. Ini hanya persoalan ekstra dimensi. Sesuatu yang tidak terlalu sulit dipelajari. Anda pun dapat memiliki kemampuan semacam ini jika berniat memelajarinya. Tidak ada yang istimewa.
Bahkan ada pula orang yang menggerakkan tangannya sedikit saja sudah tergenggam permata. Seolah-olah permata itu datang dengan sendirinya ke dalam telapak tangan.Ada juga orang yang dengan satu gerakan tangan kosong, tiba-tiba sudah menggenggam buah kurma berikut tangkainya yang masih basah. Konon katanya, buah kurma itu dipetiknya langsung dari Tanah Arab dengan kemampuan ilmu mistik. Itu pun hal lumrah saja. Orang yang punya kemampuan ini tidak dapat dikategorikan berkaromah dan sakti. Hal kecil biasa.
Ada hal menarik saat saya melihat sebuah rekaman video yang menunjukkan 3 orang memiliki ilmu kekebalan. Saya melihat rekaman video ini dari seorang teman di Pare pare, Sulawesi Selatan.
Mereka ditembak puluhan polisi namun tidak terluka sedikitpun. Peristiwa ini disaksikan ratusan orang. Video berdurasi hampir satu jam itu menunjukkan secara jelas bagaimana tembakan polisi tidak menembus tubuh 3 orang tersebut.
Tetapi pada akhirnya, pasukan penembak jitu membidik tepat ke arah bola mata. Dua orang terkena dan tewas seketika. Sementara seorang lagi lolos dan berhasil melarikan diri.
Peristiwa ini menunjukkan bahwa tidak ada ilmu kebal sempurna. Selalu ada kelemahannya. Dalam konteks ilmu kebal, bola mata adalah titik lemah yang sudah diketahui umum sejak zaman dulu.
Dengan kata lain pula, tidak ada ilmu supranatural sempurna. Semua yang mengaku memiliki ilmu supranatural hebat adalah kedustaan yang paling dusta. Termasuk di dalamnya adalah ilmu hikmah. Sebuah ilmu yang pada awalnya bertujuan agar seseorang menjadi lebih bijak namun berubah menjadi ilmu yang paling laris diperjual belikan yang dibumbui seperangkat doa, tasbeh, gelang atau piranti mistik yang dianggap berkaromah.
Secara pribadi, saya punya pengalaman terkait dengan benda mistik. Peristiwanya sekitar tahun 1989. Ketika itu, seorang teman meminjamkan sebuah benda yang terbungkus rapi. Benda tersebut adalah sepotong kulit macan yang telah ditulis aksara arab. Pemilik benda tersebut melakukan penulisannya pada setiap malam 1 Muharram dan telah dilakukannya selama 5 tahun atau 5 kali penulisan. Sang pemilik benda, yang juga saya kenal akrab dan sering silaturahmi ke rumahnya di daerah Piyungan, Gunung Kidul, Yogyakarta, memberikan kulit macan itu kepada teman saya.
Saya menyimpan kulit macan itu dalam saku dan membawanya kemanapun pergi. Banyak keunikan saat mengantongi kulit macan itu. Salah satu yang dapat diceritakan adalah ketika orang-orang menatap saya dengan tatapan lembut. Ada pancaran daya tarik luar biasa yang membuat mereka menatap saya. Seolah-olah kulit macan itu menyimpan magnet pengasihan yang menarik semua mata melihat ke arah orang yang membawanya.
Tetapi kejadian ini tidak membuat saya kagum atau merasa ada kehebatan dari kulit macan yang saya simpan di saku. Saya malah menjadikannya sebagai bahan diskusi bersama teman dalam kelompok SIFiTaS  (Studi Integratif Filsafat, Tasawuf dan Sains).
Dalam perkembangan selanjutnya terbukti bahwa bertauhid yang benar dapat memiliki efek yang jauh lebih dahsyat dari kulit macan atau piranti mistik apapun.

DAMPAK NEGATIF PIKIRAN MISTIK

Mengapa banyak orang berpikir mistik ?
Pertanyaan tersebut memang layak diajukan. Sebagaimana dalam contoh yang diuraikan sebelumnya. Jika kita percaya bahwa usaha kita hancur karena disantet pihak lain, atau ada orang lain yang menggagalkan usaha kita dengan ilmu mistik atau sakit karena disantet, atau digantung jodoh oleh orang lain, maka sesungguhnya kita mencari kambing hitam atas problematika diri sendiri. Begitulah cara syetan yang selalu menimbulkan fitnah. Ini pikiran mistik yang sangat membahayakan hidup kita.
Sesungguhnya cukup banyak pikiran mistik yang ada di otak kita. Termasuk pikiran mistik adalah meyakini piranti mistik dapat membantu menyelesaikan problematika kehidupan, menambah rezeki, selamat dari marabahaya. Ini adalah dampak negatif pikiran mistik yang membahayakan aqidah.
Padahal kita semua mengetahui, jika aqidah kita tercemari unsur kemusyrikan, maka sungguh kerugian besar dalam kehidupan di dunia ini dan kemudian hari. Ketauhidan bercampur kesyirikan membawa petaka tiada akhir.
Dampak negatif pikiran mistik juga sering terjadi akibat diri sendiri cenderung memiliki prasangka negatif. (Bani Mustajab : http://gus7.wordpress.com/2012/03/01/logika-pikiran-mistik/

Tidak ada komentar: